Minggu, 07 September 2008

Manajemen emosi: Membagi Program Kesenangan Sesaat


Banyak permasalahan yang dihadapai para pegawai...

Keluarganya, Rumah, cicilan kredit, lingkungan, masalah kantor dan masalah lain yang mungkin dihadapinya...akan membuat atau menularkan suasana menjadi tidak enak baik di kantor maupun dalam bersosialisasi...

Tidak ada tanda-tanda kenaikan gaji, pengeluaran jumlah pegawai tinggi, libur di rumah telah melebur dgn kantor, ini akan menjadi medan energi negatif di kantor, begitu kata Jeff Kaye, CEO Headhunter di dallas.

Kalu begitu, bagaimana agar menciptakan energi positif dapat timbul dalam lingkungan?



Beberapa cara untuk mengatasi hal itu,
Kaisar Romawi membagi-bagikan roti dan menyelenggarakan sirkus ketika penduduk mulai gelisah. Zaman sekarang banyak para petinggi korporasi mengandalkan program2 yang menyenangkan dan murah.

Beberapa perusahaan merancang berbagai kegiatan yang ditujukan untuk menghilangkan kepenatan karyawannya. Agensi periklanan iris Worldwide (london), Chief Happiness Officer (CHO) memerintahkan tim pemandu menggiring orang2 singgah dari pub ke pub.

Di Firma Akuntansi KPMG, karyawan mendapatkan kejutan musim panas yang menyegarkan :
Gratis TIGA liter es krim berbagai pilihan beserta taburan dan sendoknya.
Atau istilah lain, bila anda tidak bisa menggemukkan gaji mereka, kenapa tidak menggemukkan badan mereka? katanya sih, bisa jadi bahwa Rasa Takut dan gelisah muncul berbarengan dengan kelemahan ekonomi.

Perusahaan sekelas Qantas, BWM North america, Sanovi Aventis, telah menugaskan para pakar untuk menilai kesehatan emosional para pekerja. Anggaplah ini sebagai SIX Sigma untuk manusia. itulah Manajemen Emosi.
Fokus pada kesenangan karyawan mendapat dukungan dari temuan gerakan psikologi positif. penelitian menyebutkan bahwa pekerja yang lebih bahagia dan cerah akan mendatangkan laba yang lebih besar bagi perusahaan. Mereka akan melakukan apapun yang akan memacu semangat dan mendorong timbulnya harapan positif..

Cara Lain??
bisa dengan mengadakan Hiburan gratis dadakan..
Bantuan krisis BBM
Firma hukum DLA Piper LA, membawa 400 karyawannya dan keluarga ke disnieyland selama sehari.

memberikan doorprize kecil-kecilan ...

Mudah-mudahan hal ini dapat menginspirasi anda dalam mengelola emosi para bawahan, dengan cara mengelola Emosi mereka, sehingga hal yang lebih humanis lebih terasa dalam segala suasana.

Salam,
H1


1 komentar :

  1. Saya punya temen pada saat bekerja, yang dilayar PC-nya, selain membuka aplikasi dan tools untuk perjaan laiinya, tp dia juga membuka Facebook, jadi pada saat pemenuhan order yang begitu banyak....

    jadi selain bekerja, berjam-jam...tapi dalam 5 mnt dia buka facebook dan mengisi statusnya...dan menanggapi status dll-nya, sebagai bentuk sosialisasi cyber....

    kali ini salah satu contoh juga utkhiburan sesaat....

    BalasHapus

Atas kunjungan dan Komentar, saya mengucapkan Terima kasih, semoga bermanfaat, dapat memupuk pikiran positif & selalu dapat mensyukuri Nikmat Allah swt ..., ..Aamiin yra.

Salam,
Hendrawan