Sabtu, 12 Maret 2011

Sang PEMIMPI yang MENDUNIA: Orang-orang luar biasa di Sekitar Kita...

RAGU adalah suatu langkah menuju kegagalan (Andrea Hirata)  


Bersama Andrea Hirata dan Base Jam
Bergaul, berteman, atau lebih tepatnya Bersosialisasilah dengan banyak orang karena anda akan mengenal berbagai macam jenis dan masalah yang ada disekitar kita tanpa harus mengenal siapa orangnya, jangan lupa belajarlah dari Mereka......dan suatu saat akan bermanfaat untuk kehidupan di masa datang demi kematangan anda dalam bergaul....dan siapa tahu Anda atau salah satu yang anda kenal adalah orang yang akan mewarnai hidup anda bahkan bisa jadi merubah dunia.... percaya atau tidak?? .....gak juga gak apa-apa sih...namun semoga tidak ragu utk mencobanya.....:)


Atau belajar dan berorganisasilah selama itu baik...dan anda akan belajar tentang kepemimpinan dengan sendirinya...jangan pernah Resistance (Antipati atau semacam peenolakan akan perubahan) setiap tantangan atau masalah yang ada, karena dengan berorganisasi dan mengenal banyak orang2 sekitar anda,  secara naluri akan bersama-sama mensolusikannya.....sekali lagi percayalah!..


::MIMPI BESAR dari SANG PEMIMPI

Saya mau berbagi satu pengalaman berharga, sekitar 11 th yll (tepatnya saya lupa) ketika saya ditempatkan di Kota Madiun....Kota yang kusuka, tidak terlalu ramai...karena Keramahannya,  lingkungannya. kekeluargaan, dan tentu saja....Kota yang banyak menyimpan potensi (seandainya lebih serius lagi digarap).....Kota ini adalah Gerbang sekaligus jalur Transit Jawa Tengah dan Jawa Timur, selain itu mengingat kota2 disekitarnya dapat mendukung kemajuan sekita Karesidenan Madiun ini...

Saat itu, Tugas atau Tantangan besar (boleh dibilang begitu)....Even besar yang diemban adalah bagaimana dapat menyelengarakan 12 Even besar sekaligus,  dengan melibatkan nyaris seluruh Komponen Masyarakat, ...mulai dari Anak SD sd Perguruan Tinggi, Pemda, Diknas, Institusi dan Masyarakat....dan Kota Madiun menjadi Pilot penyelenggaraan di Jawa Timur saat itu...

Kenapa dirasa sebagai Tantangan? disamping keraguan-keraguan dan pesimisme yang menghantui...hiiiiii ..(tidak perlu digambarkan disini)........satu lagi karena di saat itu nyaris tidak pernah ada Even Akbar di Madiun, dan ini harus diadakan disana....mulai dari Karnaval siswa dan Seni, Berbagai Pertandingan Olah raga, Cheer Leader, Marching Band, ...Pelatihan Internet, Seminar, Pameran Beasiswa dalam dan Luar negeri, Pameran Teknologi, ...dan ditutup dengan Panggung terbuka dgn menghadirkan artis2 Lokal dan Artis Nasional yang juga tidak sedikit anggaran yang diperlukan....  dan tentu saja yg lebih menantang adalah karena (baru tahu) anggaran tersedia utk semua event ini....hanya 1/5 dari yang dibutuhkan...Gilee Benerrr...!!!

Siapakah yang ditunjuk utk mengelola Event itu di Jawa Timur???  dialah  Teman, Sahabat Saya (Satu Divisi yang sama waktu itu) Sang "Laskar Pelangi" ANDREA HIRATA, dan dia (Andrea Hirata) menunjuk saya sebagai ketua/Penanggung Jawab  di Kota Madiun.....huuuuh.....mantaps abisss...keringet Dingin.... karena tantangannnya adalah bagaimana menggerakan seluruh elemen ini, dan bagaimana mendapat DANA-nya.... yg akhirnya mengambil langkah darurat, yaitu Sponsorship!!...

Walaupun Sempat RAGU, dengan didukung beberapa teman dekat saya, harus menerima MISI ini..... tapi satu Hal yang saya dapat....saya banyak belajar dari Mimpi-mimpi Andrea Hirata, dia tidak puas hanya dengan Even Kecil....bila perlu bagaimana membuat Madiun menjadi Bergetarrrrr!!.

Sukses dari pelaksanaan itulah menjadi kepuasan Bathin yang luar Biasa.....Sertifikat keberhasilan yang kami dapat dari keberhasilan saat itu, menjadi tidak begitu penting....

::SANG PEMIMPI YANG MENDUNIA

Dalam perbincangan sebagai sesama CREW saat itu, Andrea Hirata pernah menceritakan, bahwa dia sedang membuat NOVEL......tahukah apa yang terpikir saat itu??? Saya Meragukannya!!...
Bagaimana Mungkin Seorang Andrea Hirata (saat itu) bisa mewujudkannya.....tapi ternyata Mimpinya TERBUKTI!!
Apa yang membedakan saya dengan Andrea Hirata???  Karena Saya masih RAGU,  dan juga Karena MIMPI Saya tidak sebesar dia.... haha...itulah kenapa saya tidak (eh...belum) Terkenal...

Apapun, dan kalau saja Andrea Hirata membaca ini...... Saya Salut...sekaligus Hormat....dan tetap mendoakan agar dia tetap bersahaja di Popularitasnya saat ini....Terakhir kali saya berkomunikasi adalah ketika Novel Laskar Pelangi Terbit......saya mengucapkan selamat melalui Email.....dan dia masih ingat....dengan membalas email saya masih sebagai Kawan Akrab....
 
dan Ketika saya baca kembali berita ini ...."
Andrea Hirata: sang Novelis Indonesia yang sudah merambah Pentas Sastra Dunia
Laskar Pelangi yang telah di terjemahkan ke banyak bahasa mendapatkan mendapat pujian dari Christopher Merril, akademisi sastra di University of Iowa Amerika Serikat serta direktur International Writing Program di University of Iowa Amerika Serikat" (lebih lengkap bisa dibaca di http://andrea-hirata.com/)....barulah saya tulis Artikel ini....

Akhirnya....pesan saya...jangan ragu berteman, menerima tanggung jawab besar...dan Bermimpi!....karena siapa tahu teman-teman anda atau yang anda temui adalah orang-orang luarbiasa ....
juga saya berharap Anda adalah Sang PEMIMPI berikutnya...Sang PEMIMPI yang akan merubah Wajah DUNIA.....pateeen...dan saya akan BANGGA untuk menulis Artikel  kecil  (atau ditulis besar oleh orang lain) untuk Anda... atau anda punya pengalaman lain?? silahkan share agar menjadi inspirasi bagi yang lain....

Goodluck Sang PEMIMPI!!

Salam,
Hendrawan



Catatan juga....Hormat saya juga untuk Sahabat saya Ivone dan Edie Kurniawan. yg saat itu mendukung penuh dari awal......dan saat ini mereka masih berkiprah dan bekerja luarbiasa untuk Perusahaan Tercinta sd saat ini...TELKOM!!

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Atas kunjungan dan Komentar, saya mengucapkan Terima kasih, semoga bermanfaat, dapat memupuk pikiran positif & selalu dapat mensyukuri Nikmat Allah swt ..., ..Aamiin yra.

Salam,
Hendrawan