Senin, 26 November 2012

Inspirasi Seorang NAPOLEON...dan Ketertarikan TONY BLAIR

Sebagai Muslim, Ke-engganan membaca Alquran sebagai tuntunan Agama, kadang selalu menghantui... jangankan mau mempelajari dan mendalaminya, untuk membacanya saja, kadangkala kesulitan untuk menjadikan suatu kebiasaan, padahal tuntunan hidup berada didalamnya....

Banyak Tokoh-tokoh, pemimpin dan ilmuwan yang justru tertarik...seperti cerita menarik dibawah ini.....

:: NAPOLEON YANG KUTU BUKU


Sejarah Napoleon Bonaparte, ...berita kontroversialnya kadang membuat kita risi, tetapi kekaguman akan gaya kepemimpinannya juga tak kalah menarik, dan saya pernah membuat artikel ini beberapa waktu yang lalu, walaupun dalam tema yang berbeda....Kategori Pintar atau Cerdaskah Anda? disitu diceritakan pula tentang Napoleon Bonaparte.

Napoleon adalah pembaca Kelas berat, ...makanya terkenal selain Cerdas, tapi juga Pintar, dari mulai buku tentang Alexander the Great, Julius Caesar (juga “Perang Galia”), Plutarch, Homer, Plato, Rousseau, berbagai buku tentang kemiliteran, sejarah, pemerintahan, geografi, bahkan Membaca Al-Qur’an selama ekspedisinya ke Mesir. 

Cerita menarik tentang hal ini...
Ketika Dia bertanya, ‘Dimanakah markas kaum Muslimin?” dijawab anak buahnya, “Mesir”, karena tertantang untuk masuk ke Wilayah Kekuasaan Kaum Muslimin ini.... akhirnya Napoleon Bonaparte menjadi penguasa Perancis yang menaklukkan Mesir.

Napoleon masuk ke perpustaakaan, dengan didampingi Penerjemah Bahasa Arab-nya ....Lalu Di perintahkan untuk membacakan sekaligus menterjemahkan satu buku untuknya, dia mengambil Al-Quran, dan membacakannya satu ayat.  Sepulang dari Perpustakaan, malam harinya dia merenung dan melamunkan isi Alquran tsb.

Hari kedua, pagi hari dia kembali ke Perpustakaan, dan minta menterjemahkan kembali beberapa Ayat Alquran, juga pada malam harinya merenungkan kembali. Pada hari ketiga, kembali ke perpustakaan, kembali membacakan ayat-ayat Alquran....

Kemudian bertanya, berkaitan dengan apa Buku itu? dijawab penterjemahnya, itu adalah Al-Quran, pegangan  Kaum dan tuntunan Kaum Muslimin.  Apa yang dikatakan Napoleon?

Kaisar Prancis paling masyhur ini,   Dalam buku yang berjudul ‘Bonaparte et I’Islam oleh Cherlifs, Paris, halaman 105′, Napoleon Bonaparte berkata sebagai berikut: “I hope the time is not far off when I shall be able to unite all the wise and educated men of all the countries and establish a uniform regime based on the prinsiples of the Qur’an wich alone can lead men to happiness.  artinya kira-kira ......“Saya meramalkan bahwa tidak lama lagi akan dapat dipersatukan semua manusia yang berakal dan berpendidikan tinggi untuk memajukan satu kesatuan kekuasaan yang berdasarkan prinsip–prinsip ajaran Islam, karena hanyalah Qur’an itu satu-satunya kebenaran yang mampu memimpin manusia kepada kebahagiaan.”

Jadi bila anda seorang Muslim, apakah akan menjauhkan Al-quran sebagai pedoman atau akan lebih Mendekatkan Alquran dalam kehidupan??

:: LAUREN BOOTH 

Masih ingat ketika Lauren Booth, Saudara Ipar Tony Blair, mantan PM Inggris, masuk Islam? dia  bekerja di Press TV, ....Setelah mempelajari Islam, dan menemukan kedamaian dalam Islam, dia berikrar Mengucap Syahadat, sejak itulah kehidupannya menjadi sangat religius. Adik ipar mantan Perdana Menteri Inggris Tony Blair ini, sekarang mengenakan jilbab, rajin shalat 5 waktu dan baca Al-Qur'an setiap hari. Laurent mengatakan …."Sekarang saya tidak makan daging babi, meninggalkan minuman Alkohol yang kusuka dan saya membaca Al-Qur’an setiap hari…." Cek Detail disini

Atas pemahamannya tentang Islam, dia memprotes sekaligus ingin mengubah pemahaman PM Tony Blair, tentang Islam, ...yang saat itu bekerjasama dengan George Bush, hingga melakukan invasi ke Irak, .... selama mengunjungi Iran, Lauren Booth menulis surat terbuka untuk Blair. Dia meminta menandai hari Al-Quds sebagai bentuk protes atas pendudukan Israel di Palestina.

:: YVONNE RIDLEY

Bekerja sebagai wartawan Sunday Express , surat kabar Inggris, pada September 2001 lalu, Yvonne Ridley diselundupkan dari Pakistan ke perbatasan Afganistan untuk melakukan tugas jurnalistik.  Mantan guru sekolah Minggu yang juga mantan peminum (gemar mabuk) itu, pada Tahun 2003 masuk Islam setelah membaca (mempelajari) Alquran seusai dilepas oleh Taliban. 

Berawal dari penangkapan oleh pasukan Taliban yang oleh media massa Amerika Serikat (AS), digambarkan sebagai kelompok Islam garis keras dan kejam, Perempuan paruh baya ini justru mengaku bahagia setelah ditangkap dan diinterogasi pasukan Taliban.

Saat ditangkap pasukan Taliban, Afganistan, justru membuatnya mengenal lebih dalam tentang Islam, dan dengan bersentuhan langsung dengan kelompok Taliban, Ridley merasakan perbedaan dengan tuduhan yang dilontarkan. Ridley menyebut kelompok yang oleh banyak negara dicap sebagai teroris ini sebagai keluarga terbesar dan terbaik di dunia.

Tertangkap ketika ketahuan penyamarannya, dan diinterograsi selama 10 hari oleh Tentara Taliban. Namun, perlakuan yang diterima Ridley selama menjalani masa penahanan dan interogasi justru mengubah semua pandangannya mengenai orang-orang Taliban. Menurutnya, anggapan umum kaum Taliban yang selama ini digambarkan sebagai monster sangat jauh dari realitas. ''Orang-orang Taliban adalah orang-orang yang baik dan mereka sangat ramah,'' ujarnya.

:: KETERTARIKAN TONY BLAIR

Tony tertarik Alquran dan Masuk Islam?? oohh bukan..karena yang ini beda ceritanya....

Namun cukup menarik,... sebuah pernyataan mantan PM Inggris Tony Blair yang menyebutkan tentang kebiasaannya membaca kitab suci umat Islam Al-Quran. Padahal semua tahu, selama menjabat PM Inggris penuh dengan “permusuhan” dengan dunia Islam. Karena kegemaran menginvasi dunia Islam, Blair sering disebut sebagai biang teror di dunia Islam.

Menurutnya, dengan membaca Quran dia menjadi melek iman, “Melek iman amat penting di era globalisasi seperti ini. Saya membaca Al Quran setiap hari sebagai upaya untuk mengerti apa yang terjadi di dunia dan karena sifatnya yang instruktif,” ujar Blair dalam wawancara dengan majalah Observer.

Blair meyakini pengetahuannya mengenai Islam akan membantu perannya saat ini sebagai Duta Besar Timur Tengah untuk Kuartet PBB, AS, Uni Eropa (UE), dan Rusia. Ia ingin membantu menyelesaikan konflik menahun Palestina-Israel (kompasiana.com).


:: ISLAM-KAH NAPOLEON?

Kenapa Napoleon begitu terkesan setelah pulang dari Perpustakaan, dan Alquran Surat Apa yang pertama dibacakan?  Lembar pertama yang dibukanya membuatnya terpesona, ia membacakan ayat ini kepada Napoleon : “Sesungguhnya Al Quran Ini memberikan petunjuk kepada (jalan) yang lebih lurus dan memberi khabar gembira kepada orang-orang Mu'min yang mengerjakan amal saleh bahwa bagi mereka ada pahala yang besar” (Q.S. al-Isra : 9)

Menarik lagi ketika saya membaca artikel dari Farzila Novia (sejarah.kompasiana.com), dengan referensi Beberapa sumber lain yang menyatakan akan ke-Islam-an Napoleon :
* Buku ‘Satanic Voices – Ancient and Modern’ dengan penulis David M. Pidcock (1992 ISBN: 1-81012-03-1), pada hal. 61 * Surat kabar Perancis ‘Le Moniteur’, yang menulis bahwa beliau masuk Islam pada tahun 1798.
* Buku ‘Napoleon And Islam’ dengan penulis C. Cherfils (ISBN: 967-61-0898-7).

Buku-buku ini memperkuat, dan menunjukkan bahwa Napoleon Bonaparte seorang Islam?? Wallahu A'lam Bishawab.....

Benar atau tidaknya, yang jelas Napoleon terinspirasi setelah membaca Alquran....dan membuat gebrakan-gebrakan dalam kepemimpinannya...

Banyak harapan kita untuk kaum Muslimin, agar menjadikan Al-quran sebagai inspirasi, tuntunan, sekaligus menjadikannnya Safaat kelak di Hari Akhirat...Aamiin3 yra....

Salam.
Hendrawan




Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Atas kunjungan dan Komentar, saya mengucapkan Terima kasih, semoga bermanfaat, dapat memupuk pikiran positif & selalu dapat mensyukuri Nikmat Allah swt ..., ..Aamiin yra.

Salam,
Hendrawan