Senin, 19 Mei 2014

Taiwan #1/9 - Mengenal Taiwan



"I am leaving soon, many memories with you, we will miss you, Taiwan... " 

Sepenggal ungkapan perpisahan sekaligus haru, saat kutinggalkan negeri FORMOSA... Taiwan yang telah menemaniku selama 3 bulan ini...
Walaupun kerinduan akan tanah air lebih kuat, namun saat perpisahan ini, tetap saja keharuan itu menyelimutiku.... aku jadi Mellow... hikss... 

anyway, .... saya akan membagi pengalaman ini menjadi beberapa Artikel, cocok bagi yang pertama kali mau kesana, baik untuk sekedar wisata, belajar, penugasan, apalagi bekerja......

:: Mengenal Negeri TAIWAN

Taiwan disebut juga Republic of China (ROC), Untuk datang ke Taiwan, warga negara Indonesia memerlukan visa. Karena Indonesia tidak memiliki hubungan diplomatik dengan Taiwan, segala urusan diwakili oleh suatu kantor dagang di Jakarta, namanya Taipei Economic and Trade Office (TETO).


Persyaratan visa, dan persiapan lainnya dibahas pada artikel Wisata Taiwan 2 - persiapan Menuju TAIWAN ....

Banyak orang Indonesia dan juga negara lain, seperti Philipina, Vietnam dan Thailand mencari rezeki di negeri ini, yang dikenal sebagai Buruh Migran Indonesia (BMI) atau Tenaga Kerja Indonesia (TKI).

Tiga bulan di TAIWAN, lumayan lama, dapat menyaksikan kemakmuran Negeri Formosa ini, menikmati fasilitas umum yang canggih dan nyaman, alat transportasi yang MURAH, AMAN dan CEPAT, berangkat kerja atau bermain/wisata cukup menggunakan BUS atau MRT, dan hampir jarang menjumpai kemacetan.

Warga yang santun, anak muda dan gadis-gadisnya yang trendi dan cantik-cantik, ditambah dengan adanya empat musim di TAIWAN, menambah variasi dan menarik MODE Fashion di negeri ini.

TAIWAN, dikenal dengan nama FORMOSA yang dalam bahasa Portugis berarti “indah”. Pulaunya yang bergunung-gunung dan kebudayaannya yang dipengaruhi oleh kebudayaan China, Jepang dan Eropa menjadikan negara ini unik.

Bagaimana Me-manage sebuah KOTA, dimana DISTRICT atau bahkan Area Kecil, di Siang hari bisa jadi merupakan area Bisnis super sibuk, dan di malam hari berubah menjadi sebuah Tourist Night Market yang mengasikkan... dan di setiap District atau Area selalu ada Khas keunggulannya, selalu ada Night Market Unggulan, tanpa ada kekhawatiran akan Keamanan.... inilah peran Tata Kota yang begitu mengasyikkan dan patut dicontoh di negeri ini....

Taiwan tumbuh menjadi negara yang demokratis dan makmur, pembangunan infrastruktur melaju pesat dan merata, pemerintah juga sangat menghargai kaum lanjut usia dan disabled people, Ibu Hamil, jaminan kesehatan juga begitu merata dengan biaya pengobatan yang murah karena seluruh penduduk Taiwan mempunyai asuransi kesehatan.

::  Potensi TAIWAN

Taiwan negara 4 musim, tapi subtropis, sehingga pada saat musim dingin, tetap saja tidak ada salju, jadi kalau niatnya mau merasakan salju, jalan-jalannya ke Korea saja atau ke Shanghai/Beijing China malah ada saljunya.


Bentuk pulaunya seperti kepompong, yang besar pulaunya kira-kira sebesar Propinsi Jawa Barat Indonesia, tapi penduduknya tidak sepadat Jawa Barat yang mencapai 38jt penduduk di thn 2011..

Presiden Taiwan (2014)        : Ma Ying Jeou
Luas Area TAIWAN : 36,193 km2
Population [ Oct 2013 ]  : 23,361,147
Median Age : 39,34 years
Birth Rate : 0,78 % 
Total GDP [2013 forecast]    : $ 489,300 billion
Economic Growth Rate(yoy) [2013] : 1.74%.

TIGA agama terbesar di negeri ini, tertinggi Buddha, kemudian Taoisme dan Non agama... jadi kalau Islam, Kristen, Katolik dan agama lainnya termasuk minoritas.


:: Ada Apa di TAIWAN

TAIWAN ini masuk ke dalam negara maju......


salah satu Toko nuansa Indonesia
Taiwan, ....Negara Tujuan Pekerja Indonesia ke-3, Rata-rata Gaji yang lebih layak dari pada negara lain, kedua setelah Korea... Transportasi terbaik.... bahkan pernah mendapat Transportasi Publik Terbaik dunia selama tiga tahun berturut-turut...mansttaabsss...

Siapapun yang pernah tinggal di Taiwan, pasti tahu Taipei Main Station (TMS). Sebuah tempat yang 'luar biasa' pusatnya Transportasi baik kerta api, MRT, High Speed Train, maupun bus, serta Mall-Mall Underground.

Trintegrasinya sarana publik, mulai dari MRT, Bus, Kereta Api dan Kereta Supercepat (Hi Speed Train) yang menghubungkan utara (Taipei)  menuju Selatan (Kao-Shiung), sejauh 345 km, kini Semua kawasan di Negeri formosa ini menjadi satu kesatuan.

:: Orang Indonesia di Taiwan


Orang Indonesia di TAIWAN lumayan banyak sekitar 214 ribu-an (Mar 2014), selain BMI ada pelajar dan Wisatawan juga. 

Para Pejuang Devisa ini, di tengah-tengah kesibukan bekerja, mereka juga 'refresing'
Orang Indonesia berkumpul di TMS
berkumpul di TMS, seperti halnya Victoria Park di Hongkong . 
Makanya jangan heran, di TMS ini, apalagi hari minggu, akan anda temukan suasana Indonesia.....karena disitu banyak Toko, Restoran yang Indonesia banget, dan pengunjungnya juga orang Indonesia.

Kepada para BMI atau TKI disini jangan under estimate lho... bisa jadi, selain gayanya sudah modis seperti kebanyakan orang Taiwan, juga gaya hidupnya .... misalnya, sebagian besar pekerja disini menggunakan Smartphone (iphone, android, symbian dll) dan dari pengguna smartphone ini, 62% pengguna Internet (konten-konten aplikasi seperti Musik, Video streaming, Voice apps dll) ...mereka sudah biasa menggunakannya, ....bayangkan dengan pekerja yang ada di Malaysia atau Arab Saudi....pengetahuan Gadget mereka jauh tertinggal kalau dibanding Taiwan, kalau di Taiwan lebih mirip di Hongkong.

Hanya saja kalau mau dibuat peringkat, Regulasi Pekerja di Hongkong masih lebih baik dibanding TAIWAN, misalnya saja ketegasan Libur satu hari per Minggu, walaupun ada, masih samar....berbeda dengan Hongkong, Regulasi tentang Tenaga Kerja lebih jelas.....Liburan sehari dalam Seminggu adalah HAK yang tidak bisa ditawar.

:: Negara Maju : Lebih Disiplin dan Santun

Taiwan bukan negara Besar secara Teritori, tapi kualitas negaranya bahkan lebih baik dari negara-negara tetangganya di Asia. Bahkan Negara ini berani memproklamirkan dirinya sebagai negara berkualitas, gak percaya???  cek pada saat anda keluar bandara TAIWAN, sebelum pengecekan imigrasi..... dari lorong itu banyak artefak-artefak seperti yang saya tampilkan di bawah ini....


TAIWAN merupakan Rantai Pasokan (Supply Chain) No. 1 di Dunia
Setengah dari TOP 100 Perusahaan ASIA, berada di TAIWAN
90 % Notebook yang ada dunia berasal dari TAIWAN



Banner 1 : TAIWAN merupakan 
Rantai Pasokan (Supply Chain) No. 1 di Dunia.
banyak lagi, yang lainnya.....
Selain Infastruktur yang baik dan rapih, warga Taiwan (secara umum) lebih Santun, entah karena System yang dibuat atau memang bawaan mereka sudah Santun, ..... 

Saya merasa Sistem yang dibentuk pemerintah membentuk karakter mereka sehingga lebih santun... perhatikan saja PHOTO-photo di Taiwan yang saya sajikan, yang akhirnya malah membentuk karakter orang-orang Taiwan.
Banner 2 : Setengah dari TOP 100 Perusahaan ASIA, 
berada di TAIWAN
Banner 3 : 90 % Notebook yang ada dunia 
berasal dari TAIWAN

Menghargai orang atau WARGA PRIORITAS (seperti Orang tua, Disable People/Cacat, ibu hamil, bawa anak-anak) ....menjadi terbentuk dengan sendirinya. 

Budaya Malu dengan sendirinya terbentuk... bayangkan saja, saya malah nyaris gak pernah duduk bila naik MRT, karena malunya itu.... mereka sudah terbiasa, kalau ada yang lebih prioritas... tempat duduk akan diberikan kepada yang lebih prioritas.

Yuk kita nikmati melalui Photo hasil jepretan saya ini..... 

Photo-photo yang semoga dapat menginspirasi kita semua dalam mengelola KOTA, transportasi, fasilitas umum dll..... patut di Contoh para Kepala Pemerintahan Daerah, Gubernur di Indonesia.....

Dan Regulasi di Taiwan sangat Protektif untuk melindungi warganya dapat lebih tumbuh berkembang, namun dengan Regulasi Hukum yang sangat ketat. Makanan Olahan lebih murah dibanding makanan Organik, misalnya nih....harga Sayuran dan Buah-buahan, lebih mahal dari pada anda beli burger, nugget, atau makanan olahan di restauran dll...

ini menunjukkan bahwa, TAIWAN sangat memperhatikan Petani, dan makanan berkualitas dan sehat tentunya....


Bersambung ke :
WisataTAIWAN 2/9 - Persiapan Menuju TAIWAN

untuk mengenal lebih dekat dalam Gambar.....
buka Artikel Wisata Taiwan 9/9 - Mengenal Taiwan dari PHOTO


Mau Lokasi Wisata Negara Lainnya??? Klik Disini


Salam,
Hendrawan


KUALA LUMPUR - MALAYSIA

ARAB SAUDI
Umroh dan Wisata Religi, Arab Saudi (#1) - Persiapan dan bawaan Umroh
Umroh dan Wisata Religi, Arab Saudi (#3) - Wisata Religi Mekah–Madinah–Jeddah

AUSTRALIA - SYDNEY

CHINA - SHANGHAI

KOREA - SEOUL

SINGAPURA

PENTING!!  Tips Perjalanan Ke Luar Negeri
Kenapa perlu Jalan-jalan ke Luar Negeri?? Ini Jawabannya…KLIK DISINI 




4 komentar :

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih yang amat dalam kami ucapkan kepada MBAH SELONG yang
      telah memberikan kebahagian bagi keluarga kami…berkat Beliau saya
      sekarang udah hidup tenang karena orang tuaku udah buka usaha dan
      punya modal untuk buka bengkel skrang pun orang tuaku tidak di
      kejar-kejar hutang lagi…dan keluarga Kami di berikan Angka
      Ritual/Goib Dari mbah yg sangat Jitu 100%dijamin
      tembus…hingga keluarga kami sekarang merasa tenang
      lagi…terima kasih mbah…Jika Anda ada yg merasa kesulitan
      masalah Nomer ToGEL silahkan hbg Aja MBAH SELONG
      dinmr hp beliau (081-322-565-355) ATAU KLIK SITUS KAMI
      dan saya sudah membuktikan 3kali berturut2 tembus terimah kasih

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus

  3. Mohon maaf jika postingan ini menyinggung perasaan anda semua tapi saya hanya mau menceritakan pengalaman pribadi saya yang mengubah kehidupan saya menjadi sukses. Perkenalkan terlebih dahulu saya Artanti Tanti biasa di panggil Anti, TKI tinggal di kota Pontian johor Malaysia,Saya berprofesi sebagai pembantu rumah tangga, tapi saya tidak menyerah dengan keadaan saya, tetap ikhtiar.
    pengen pulang ke indonesia tapi gak ada ongkos pulang. sempat saya putus asa,gaji pun selalu di kirim ke indonesia untuk biaya anak sekolah,sedangkan hutang banyak, kebetulan teman saya buka-buka internet mendapatkan nomor hp Mbah Suro 082354640471 katanya bisa bantu orang melunasi hutang melalui jalan togel dengan keadaan susah jadi saya coba beranikan diri hubungi dan berkenalan dengan beliau Mbah Suro, Dan saya menceritakan keadaan saya.Beliau menyarankan untuk mengatasi masalah perekonomian saya,baiknya melalui jalan togel saja.Dan angka yang di berikan beneran tembus ,4607 dan saya dapat 275 juta alhamdulillah terima kasih banyak ya allah atas semua rerjekimu ini. walaupun ini melalui togel






































































































































    Mbah Suro....

    BalasHapus

Atas kunjungan dan Komentar, saya mengucapkan Terima kasih, semoga bermanfaat, dapat memupuk pikiran positif & selalu dapat mensyukuri Nikmat Allah swt ..., ..Aamiin yra.

Salam,
Hendrawan